Sabtu, 20 Juli 2013

Resep Cara Membuat Es Krim (Ice Cream) Dingin

Resep cara membuat es krim (ice cream) gimana ya? Yuk kita belajar bagaimana membuatnya. Ice Cream merupakan salah satu minuman (atau mungkin lebih cocok disebut makanan) yang didinginkan dan terbuat dari cream yang kemudian dikombinasikan bersama gula dan pemanis lain yang memiliki rasa yang berbeda-beda. Bahan-bahan tersebut dibuat dengan cara diaduk-aduk atau dimixer dengan temperatur yang cukup dingin, namun tidak sampai membekukan sehingga menjadi adonan yang lembut, yang jika dimakan terasa seperti memakan es yang teksturnya sangat halus sekali. Namun, ada juga es krim yang cara mendinginkannya dengan cara mencampurkan es batu yang ditambah garam kemudian diaduk hingga menjadi es krim tradisional. Garam itu fungsinya agar suhu air bisa menjadi di bawah titik beku air biasa, dan juga bisa meratakan antara air dan es pada wadah yang dipakai untuk membuat es krim tradisional.

Resep cara membuat es krim (ice cream) tradisional itu memang agak unik dibandingkan dengan cara membuat es krim seperti biasanya. Pada zaman sekarang ini, sudah banyak sekali beraneka macam es krim yang tersebar di seluruh dunia khususnya di Indonesia. Lihat saja di mini market-mini market, berapa macam merek es krim yang dijual di sana. Bahkan, yang sudah diiklankan di layar kaca pun jumlahnya sangat banyak sekali. Tidak seperi es seperti biasanya, es krim cenderung memiliki harga yang cukup mahal, hal itu karena memang dalam pembuatannya membutuhkan bahan-bahan yang berharga tinggi dan tehnik pembuatannya pun tergolong lumayan rumit. Cream, vanilla, cokelat, susu, dan sejenisnya adalah bahan-bahan yang sering dipakai untuk membuat sebuah es krim. Untuk itu, wajar saja jika es krim mempunyai nilai jual yang tinggi. Makanya, jika kita bisa membuat es krim sendiri di rumah, tentu akan lebih baik dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Berikut ini langkah-langkah bagaimana cara membuat ice cream yang enak.

Bahan untuk membuat es krim :
    Cara Membuat Es Krim
  • susu cair full krim sebanyak 300 mili liter
  • esens vanili sebanyak setengah sendok teh
  • cream kental sebanyak 600 mili liter
  • telur ayam, ambil kuningnya saja sebanyak 6 butir
  • gula pasir sebanyak 175 gr untuk menambah manis es krim
  • dark cooking cokelat sebanyak 250 gr (diiris secara kasar)
  • powder chocolate / chocolate bubuk sebanyak 30 gr
Cara mengolah :
  1. Panaskan esense vanili serta susu cair full krim di atas panci dengan menggunakan api yang kecil saja. Sementara ambil kira-kira 50 mili liter susu yang nantinya akan dipakai sebagai campuran cokelat bubuk, aduk-aduk hingga chocolate bubuknya benar-benar menyatu, kemudian tuanglah ke panci yang berisi susu. Panaskan sampai semuanya mendidih, lalu angkat.
  2. Kuning telur dimix memakai mixer atau jika tidak ada bisa dikocok secara manual juga bisa, ditambah dengan gula pasir hingga kuning telur menjadi kental serta berubah warna.
  3. Masukkan campuran susu dan chocolate pada kuning telur yang dimix dengan gula pasir tadi, diaduk lagi tapi jangan memakai mixer, pakai saja adukan biasa. Tuangkan lagi adonan ini ke panci yang habis dipakai untuk memanaskan susu tadi.
  4. Panaskan kira-kira 3 sampai 4 menit saja menggunakan api yang kecil sampai menjadi kental. Ingat, sampai menjadi kental bukan sampai mendidih.
  5. Panaskan cream kental di atas panci menggunakan api yang cukup kecil. Jika terlihat muncul gelembung-gelembung, tambahkan dark cooking cokelat yang telah diiris-iris. Lalu matikan apinya dan aduk sampai semua chocolate menjadi leleh serta kelihatan licin.
  6. Adonan telur dan susu dicampur pada adonan cream dan chocolate, semuanya diaduk. Setelah itu didinginkan / dibiarkan saja.
  7. Jika tahap ini udah rampung, memasukkan campuran itu ke dalam ice cream maker serta aduk selama satu jam hingga menjadi ice cream. Atau juga bisa dimasukkan ke dalam freezer selama kurang lebih tiga jam. Ambil kemudian dimixer hingga teksturnya menjadi lembut, lakukan selama 5 menit. Tahap ini bisa diulang-ulang hingga 3 atau 4 kali agar ice creamnya menjadi lebut.
Itulah resep cara membuat es krim (ice cream), Kayaknya jika dibuat pada bulan Ramadan sepertinya sangat cocok deh. Habis menahan dahaga seharian, berbuka dengan es krim yang nikmat ini. Sedap deh pokonya.

◄ Newer Post Older Post ►

Masukkan email anda pada kolom berikut, lalu klik "Submit" untuk berlangganan resep masakan terbaru secara gratis

Delivered by FeedBurner