Selasa, 14 Mei 2013

+ Resep Cara Membuat Sop Iga Sapi (Sup Iga Sapi) Plus

Resep cara membuat sop iga (sup iga) | Daging iga sapi atau kadang disebut dengan istilah rib merupakan salah satu bagian dari daging sapi yang mana letaknya di daerah tulang rusuk atau tulang iga. Daging iga adalah salah satu dari 8 bagian utama dari daging sapi yang sering dibuat masakan. Daging iga atau rib yang biasanya terdiri mulai dari iga keenam hingga iga kedua belas, sedangkan daging yang biasa dikonsumsi adalah iga kedua hingga ketujuh. Ada banyak jenis masakan yang memakai bahan daging ini, ada yang dimasak menjadi sup seperti sup konro, ada juga yang dimasak menjadi masakan semur iga. Selain itu, bisa juga dibakar. Ada juga yang dipotong menjadi beberapa potongan yang biasa disebut dengan Rib-eye steak. Kadangkala daging disertai tulang yang masih melekat (bone in), kadangkala tidak disertai tulang sama sekali (boneless). Sop Konro yang memakai bahan daging iga itu merupakan salah satu makanan khas Makasar, Sulawesi Selatan.

Sup konro tadi merupakan masakan sup iga sapi khasnya orang-orang Bugis dan Makasar. Kuahnya berwarna cokelat agak kehitam-hitaman dan dimakan / disajikan bersama potongan ketupat. Warna yang kehitam-hitaman itu dikarenakan adanya buah kluwek yang menjadi salah satu bahan bakunya dan memang asli berwarna hitam. Rasa bumbunya juga terasa sekali sebab adanya bahan ketumbar. Meskipun kita tidak akan membuat sop Konro itu, namun kita tetap akan membuat sup iga yang mirip dengan konro. Tentu rasanya tidak kalah enaknya. Sop buntut dan sop iga inilah yang sering banyak dicari orang, oleh karenanya saya mencoba untuk menulis resep ini agar bisa dipraktekkan oleh banyak orang.

Siapkan bahan dasar sop iga sapi :
Resep Cara Membuat Sop Iga

  • Sebuah wortel segar. diiris membentuk lingkaran tipis.
  • Seratus lima puluh (150 gram) kacang merah.
  • Lima ratus (500 gram) iga sapi. Silakan anda potong2 sesuai kebutuhan.
Komposisi bumbu sop iga :
  • memarkan jahe sepanjang 2 centi meter,
  • satu batang daun bawang.
  • cincang sampe halus bawang putih sebanyak 3 siung
  • satu batang seledri.
  • garam secukupnya.
  • seperempat sendok teh kayu manis bubuk.
  • iris satu buah tomat
  • empat butir cengkeh.
  • satu sendok teh merica bubuk.
Cara membuat sop iga sapi :
  1. Iga sapi direbus selama kurang lebih sepuluh menit, dan gantilah air bekas rebusan tadi dengan yang air baru kira-kira 2 liter. Dengan air yang baru itu, rebus lagi iga sapi sampai dagingnya empuk. Air bekas rebusan itu kemudian diambil untuk dipakai sebagai kaldu, pisahkan dari iga sapinya.
  2. Kaldu masih tetap direbus, bahan-bahan seperti kayu manis, jahe, bawang putih, cengkeh, pala bubuk, dan merica dimasukkan kedalam kaldu sapi tersebut.
  3. Masukkan juga  kacang merah dan wortel, tunggu sampai empuk wortel dan kacangnya.
  4. Iga sapi yang dipisahkan dari kaldunya tadi dimasukkan lagi dalam kaldu, dan tambahkan daun bawang.
  5. Jika kamu suka, bisa diberi tambahan sosis sapi, iris tipis.
  6. Tuangkan merica bubuk, pala bubuk, dan garam. Aduk sampai merata kemudian angkat.
  7. Tuangkan sop kedalam mangkuk yang sudah dipersiapkan.
  8. Sajikan dengan hiasan daun seledri, bawang goreng, dan irisan tomat.
  9. Anda juga bisa memberi pelengkap tambahan seperti sambal dan emping.
iga sapi ternyata juga banyak manfaatnya, yaitu dapat mencegah bahkan mampu mengatasi kekurangan darah (anemia), bagus untuk wannita yang sedang hamil, bisa membuat otat sehat, meningkatkan sistem kekebalan badan manusia, meskipun kadar kolestrolnya lumayan tinggi namun bisa diketahui manfaat daging iga api sangat banyak dan sangat bermanfaat bagi mereka yang masih anak-anak dan remaja.

◄ Newer Post Older Post ►