Jumat, 19 April 2013

Resep Cara Membuat Sambal Pecel Lele

Resep cara membuat sambal pecel merupakan pasangan untuk menu pecel lele. Sebenarnya sambal ini juga bisa disebut dengan sambal tomat karena sambal pecel didominasi dengan bahan tomat. Karena berpasangan dengan pecel lele itulah kemudian sambal ini dinamakan dengan sambal pecel lele. Ada juga sambal yang menjadi pasangan sayur-sayuran yang direbus (pecel), sehingga disebut dengan sambal pecel atau sambal kacang, karena terbuat dari kacang tanah kemudian dicampur air dan dituang ke sayur-sayuran tersebut. Namun, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai sambal yang yang dibuat untuk melengkapi pecel lele. Sambal seperti ini sering kita temukan di warung-warung sederhana, jika di tempat anda ada tempat yang bernama PUJASERA atau SS pasti akan banyak ditemukan menu ini.

Resep cara membuat sambal pecel ternyata tidak hanya dibuat untuk melengkapi pecel lele, tetapi sambal ini juga banyak digunakan untuk pelengkap masakan-masakan lainnya, seperti lele bakar, ayam goreng, ayam bakar, dan masih banyak lagi. Di salah satu mini resto yang mengadakan survey, sambal ini menjadi salah satu sambal yang paling banyak diminati oleh para pelanggan. Lebih enak lagi jika sambal pecel juga diberi terasi, rasa dan aromanya pasti lebih enak dan sedap. Dari pada bertele-tele, langsung saja kita lihat bagaimana cara membuat sambal pecel lele yang gurih.

Bahan untuk membuat sambal pecel lele :
Resep Cara Membuat Sambal Pecel Lele
  • Garam beryodium secukupnya.
  • bawang merah ukuran sedang sebanyak 100 gr (seratus gram)
  • tomat sayur warna merah sebanyak 250 gr (dua ratus lima puluh gram)
  • Penyedap rasa (vetsin) secukupnya.
  • cabai rawit (sesuaikan selera sendiri, mau pedas atau tidak)
  • kemiri sebanyak 5 (lima butir).
  • Gula jawa secukupnya.
  • cabai merah sebanyak 3 (tiga biji).
  • bawang putih sebanyak 5 (lima siung).
 Langkah-langkah pembuatannya :
  1. Haluskan garam, penyedap rasa, dan gula jawa, bisa memakai mixer, bisa memakai cowet. Namun lebih sedap jika memakai cowet.
  2. Selanjutnya goreng semua bahan-bahan :  bawang putih, bawang merah, cabai merah, kemiri, dan cabai rawit. 
  3. Bahan-bahan yang sudah digoreng campur ke dalam bahan-bahan yang telah dihaluskan. mix / ulek namun jangan terlalu lembut / halus.
  4. Selanjutnya tomat digoreng. goreng saja dengan menggunakan api kecil jika wajan sudah panas, karena tomat mudah gosong jika minyak sudah sangat panas.
  5. Lalu campur dengan bumbu yang sudah dihaluskan tadi tadi. Mix atau ulek semuanya sampai merata. Anda bisa menentukan sendiri tingkat kelembutannya. Masing-masing mempunyai selera sendiri, ada yang suka sambal kasar ada yang lebih suka sambal halus.
Resep cara membuat sambal pecel bisa juga untuk melengkapi semua jenis lauk, misalnya tempe, tahu, telur dadar atau tahu. Pokoknya sambal ini bisa untuk semuanya deh. Dari pada membeli sambal saus tomat, mending buat sendiri, karena buatan sendiri itu jauh lebih enak. Sekian dulu ya, selamat mencoba.

◄ Newer Post Older Post ►

Masukkan email anda pada kolom berikut, lalu klik "Submit" untuk berlangganan resep masakan terbaru secara gratis

Delivered by FeedBurner