Senin, 15 April 2013

Resep Cara Membuat Kue Basah (Bolu Cake)

Resep cara membuat kue basah (bolu cake) dengan rasa cokelat manis terdiri dari bahan-bahan atau komposisi yang mudah di dapat. Tidak seperti pada kue-kue sebelumya, pembuatan kue bolu yag ini relatif lebih simpel dan mudah bahkan tanpa adanya pembuatan topping. Meskipun sederhana, namun kue bolu sangat digemari banyak orang, ini dapat dilihat dari banyaknya orang-orang yang melakukan pencarian di google tentang kue bolu. Dan yang banyak digemari adalah kue bolu yang didominasi dengan rasa cokelat. Sebenarnya kue bolu merupakan nama kue yang masih umum, karena kue bolu yang telah dimodifikasi mempunyai nama sendiri-sendiri. Misalnya kue tart, salah satu jenis kue bolu yang dihias dari lapisan cream mentega, manzipan, maupun fondant. Selain itu terdapat kue bolu yang diletakkan pada dasar wadah dan dicampur dengan agar-agar, yang sering kita sebut dengan puding. Brownies juga termasuk salah satu kue bolu dengan warna cokelat pekat bahkan hampir hitam. Dan masih banyak lagi jenis bolu lainnya. Kalau menurut cara pembuatannya, bolu dibedakan menjadi dua jenis. Pertama, cream cake atau butter cake, pembuatannya dengan mengocok mentega dan gula membentuk cream. Kedua, foam cake, pembuatannya dengan mengocok telur dan gula membentuk busa kental dan halus.

Resep cara membuat kue basah (bolu cake) juga membutuhkan bahan-bahan tambahan dalam memaksimalkan rasa dan tekstur kue. Bahan itu adalah ovalet, ovaalet merupakan salah satu bahan emulsifier (seperti SP dan TBM) mempunyai manfaat untuk memberi rasa empuk dan halus pada kue, juga dapat menambah isi kue. Emulsifier ini secara garis besar sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya. Kandungan bahan dalam ovalet merupakan turunan dari asam lemak yang berasal dari tumbuhan maupun hewan. Jadi, pilih ovalet dari asam lemak yang halal ya. Hati-hati dengan ovalet yang berasal dari babi.

Daftar bahan yang harus dipersiapkan :
resep kue bolu
  • lima sendok makan (5 sdm) susu putih bubuk
  • seperempat kilo gram (1/4 kg) mentega
  • setengah sendok makan (1/2 sdm) ovalet
  • dua belas (12 butir) telur => pisahkan antara kuning telur dan putih telurnya
  • dua (2 bungkus) vanili yang kecil
  • tiga per delapan kilo gram (3/8 kg) gula halus
  • tiga setengah (3,5) ons tepung terigu
  • setengah (0,5) kardus cokelat bubuk
Langkah-langkah pembuatannya :
  1. Campur bahan-bahan (gula halus, mentega, ovalet, dan vanili) dengan menggunakan mixer di dalam baskom selama 10 menit.
  2. Tambahkan kuning telur ke dalam bahan-bahan yang di-mix tadi, masukkan satu persatu secara perlahan-lahan sambil di aduk dengan mixer terus-menerus selama kurang lebih 10 menit.
  3. Kemudian tambahkan tepung terigu ke dalam adonan, mix terus hingga rata.
  4. Tambahkan juga susu bubuk, mix sampai rata.
  5. Lalu masukkan coklat bubuk, mix terus hingga rata.
  6. Kocok putih telur selama kurang lebih 5 menit.
  7. Setelah itu baru dimasukkan ke dalam adonan, dan aduk lagi sampai merata. Pada tahap ini semua bahan sudah tercampur dan pastikan semua bahan tercampur secara menyeluruh dan merata.
  8. Pindahkan adonan ke dalam wadah lain atau dalam cetakan, kemudian dipanggang dengan oven dengan temperatus 25 derajat C selama kurang lebih 40 menit hingga matang.
  9. Setelah matang, angkat dan dinginkan.
  10. Kue bolu sekarang sudah siap untuk disantap.
Resep cara membuat kue basah (bolu cake) sudah lengkap. Kini giliran anda untuk mencoba resepnya. Anda juga bisa mengganti coklat dengan bahan lain, khusus bagi anda yang tidak terlalu suka dengan cokelat. Demikianlah sedikit hal yang dapat saya posting hari ini, semoga saja artikel ini bisa mempermudah bagi anda untuk mempelajari dan membuat berbagai masakan-masakan kue.

◄ Newer Post Older Post ►