Rabu, 10 April 2013

Resep Cara Membuat Bakso Malang yang Khas

Resep cara membuat bakso Malang | Malang memang sebuah kota yang mampu menawarkan berbagai keindahan mulai dari wisata, budaya, sejarah, sampai kuliner. Banyak sekali makanan khas asal kota Malang ini, ada cwie mie atau pangsit mie, kaldu kambing kacang ijo, soto kambing tunggulwulung, sop dengkul, kripik tempe sanan, kare kikil singosari, dan masih banyak lagi makanan-makanan khas lainnya. Namun, di antara makanan-makanan itu, yang paling populer adalah baksonya, yakni bakso Malang. Waktu pertama kali  mencoba bakso Malang ini, saya kira dulu adalah siomai ternyata setelah saya coba, wuih rasanya enak banget. Rasa baksonya beda dari bakso-bakso yang pernah saya makan, karena saya juga penggemar bakso. Apalagi ditambah pangsit yang membuat rasa kriuk-kriuk di lidah dan tahu goreng. Pokoknya kamu harus mencoba bakso ini biar bisa ngerasain enaknya kuiner khas kota Malang.

Resep cara membuat bakso Malang ini tidak memakai bahan tambahan dari bahan-bahan kimia buatan. Sebenarnya bisa ditambah dengan bahan-bahan itu agar bakso menjadi lebih berasa dan lebih kenyal. Namun untuk kepentingan kesehatan, kali ini kita tidak akan memakai bahan kimia. Pada proses pembuatan bakso, biasanya semua adonan dibentuk bulat-bulat yang nantinya direbus menjadi bakso. Tetapi pada bakso Malang, sebagian adonan disisihkan yang nantinya akan digunakan sebagai isi tahu. Pasti semua sudah pernah lihat kan, tahu isi siomai yang biasa dijual oleh pedagang siomai keliling, dan yang ini tahu isi bakso. Jelas rasanya lebih enak.
bakso malang

Bahan dasar resep membuat bakso Malang :
  • Daging sapi digiling halus sebanyak 350 (tiga ratus lima puluh) gram.
  • Tepung sagu sebanyak 50 (lima puluh) gram.
  • Air es sebanyak  100 (seratus) cc.
  • Telur sebanyak 1 (satu) butir.
  • Tahu goreng sebanyak 10 (sepuluh) buah. potong secara diagonal dan iris bagian tengahnya. Nantinya akan diberi adonan bakso.
Haluskan bahan-bahan berikut ini :
  • empat siung bawang putih.
  • setengah sendok teh merica.
  • tiga sendok teh garam.
Untuk melengkapi bakso, diperlukan bahan-bahan sebagai pelengkapnya :
  • Sepuluh lembar kulit pangsit yang digoreng.
  • 150 (seratus lima puluh) gram mie kuning basah.
  • Bawang goreng, nantinya sebagai taburan bakso.
  • Pelengkap terakhir adalah sambal rebus
Langkah-langkah membuat bakso malang :
  1. Daging sapi dicampur dengan telur, air es, tepung sagu, dan juga bumbu yg dihaluskan (bawang putih, merica, dan garam). Semuanya diaduk sampai rata semuanya, kalau bisa sambil dibanting-banting agar rata secara sempurna. Kalau sudah selesai, jangan semuanya dibuat bakso, tetapi ambil kira-kira 1/3 adonan tadi untuk isian tahu.
  2. Panaskan air sampai mendidih, lalu apinya dikecilkan hingga air tidak bergelembung-gelembung lagi.
  3. Adonan tadi dibentuk bulat-bulat. Kepal adonan secukupnya, tekan hingga keluar di antara ibu jari dan jari telunjuk. Ambil pakai sendok.
  4. Jika semuanya sudah dibentuk, masukkan semua ke dalam air yang sudah direbus tadi.
  5. Panaskan kembali airnya hingga bakso mengapung. Itu tandanya bakso sudah matang. Angkat dan tiriskan
  6. Adonan yang sepertiga tadi masukkan ke dalam tahu yang bagian tengahnya sudah dilubangi. Kali ini tahu dikukus hingga matang isinya. Angkat dan tiriskan.
Kemudian berikut cara membuat kuah baksonya. Bahan-bahan yang perlu disiapkan :
  • Air sebanyak 2 liter.
  • Tulang sapi atau lutut sapi sebanyak 600 (enam ratus) gram sebagai penyedap.
  • Iris daun bawang sebanyak 2 (dua) batang.
  • Bawang putih sebanyak 6 (enam) siung.
  • Merica sebanyak setengah sendok teh.
  • Garam.
Pembuatan kuah bakso :
  1. Tulang sapi direbus sebentar saja. Kemudian airnya ganti dengan air yang baru, tulang sapi dimasukkan lagi, tambahkan bawang putih, merica, dan garam (ketiga bahan ini dihaluskan terlebih dahulu.
  2. Masak lagi sampai air mendidih dan kaldu tulang bercampur dengan air kuah.
  3. Masukkan daun bawang.
Jika semuanya sudah selesai, sekarang tinggal menyajikannya :
  1. Mie, tahu, dan bakso taruh ke dalam mangkuk.
  2. Kuah bakso kedalam mangkuk secukupnya, tambahkan bawang goreng diatasnya
  3. Sajikan dengan pangsit goreng dan sambal rebus.
Artikel Terkait :
Resep cara membuat bakso Malang kadang juga disertai dengan siomai. Jika tidak, seperti ini juga sudah cukup. Perpaduan inilah yang membuat bakso Malang dikenal sebagai bakso khas yang tidak ditemukan di tempat mana pun. Jika ada, pasti bakso itu memakai label bakso Malang. Selamat mencoba, semoga hasil kreasi baksonya enak dan lazies.

Baca Juga :

0 komentar:

Poskan Komentar

Bagi kawan-kawanku semuanya. Maaf ya... kalau naruh link dalam komentar, nanti komentarnya langsung digiring ke SPAM. Pakai Open ID aja, kan sama-sama dapat backlink. Makacih

◄ Newer Post Older Post ►