Resep Lengkap Membuat Berbagai Jenis Masakan

Wednesday, April 24, 2013

Resep Cara Membuat Ayam Panggang Lada Hitam

Resep cara membuat ayam panggang yang ini sedikit berbeda dengan resep ayam bakar pada postingan sebelum ini. Yang paling mencolok adalah cara memasaknya, kalau kemarin ayamnya dipanggang di atas bara api namun sekarang ayamnya dipanggang di dalam oven. Wah lezat mana ya... Yang pasti semuanya lezat. Memang ayam panggang ini agak sedikit berkelas, gak semua orang punya oven kan? Kalau arang sih banyak dicari, tapi kalau oven harus beli dulu di toko peralatan dapur. Memanggang ayam dalam oven lebih mudah dari pada memanggang di atas bara api. Selain terjamin kebersihannya, kita tidak usah repot-repot mengipasi dan gak perlu panas-panas untuk memanggang daging. Dan pastinya daging bisa lebih merata dalam hal kematangannya.

Resep cara membuat ayam panggang di antaranya terdiri dari bahan saus barbeque / barbekyu (disingkat BBQ) yang merupakan saus penyedap yang digunakan sebagai bumbu, sebagai olesan, atau topping untuk berbagai jenis daging, termasuk daging kambing atau daging sapi dan juga ayam. BBQ biasanya terbuat dari komposisi worcestershire sauce, mustard, cuka, saus tomat, minyak sayur, dan bahan lainnya. Nama-nama komposisinya memang aneh dan agak asing di telinga. Mending langsung beli aja deh barbeque di supermarket.

Siapkan bahan dasar :
Membuat Ayam Panggang Lada Hitam
  • cuci bersih ayam negeri 1 ekor (buang kepala dan cakarnya)
  • potong kasar daun bawang 1 batang
  • iris tipis jahe 2 cm
  • iris kasar bawang bombay 150 gram
Siapkan bahan di bawah ini untuk membuat olesan :
  • air jeruk nipis satu sendok makan
  • tumbuk kasar merica hitam satu sendok teh
  • saus Barbeque (BBQ) 4 sendok makan
  • garam satu sendok teh
  • kecap bango manis satu sendok makan
  • minyak sayur 2 sendok makan
  • margarin satu sendok makan
  • bahan-bahan itu aduk rata semuanya
Langkah-langkah cara mengolah :
  1. Masukkan daun bawang, potongan bawang bombay, serta jahe ke dalam perut ayam.
  2. Kemudian perut ayam dijahit agar bumbu yang dimasukkan tidak keluar.
  3. Rebuslah air dengan sedikit garam sampai mendidih.
  4. Masukkan ayam pada air rebusan tadi. Usahakan agar punggung ayam berada di atas. 
  5. Jika kulitnya sudah berubah kaku, maka angkat ayamnya dan dinginkan untuk dipanggang nantinya.
  6. Pada tahap selanjutnya, lumuri ayam dengan bahan-bahan yang dipakai untuk olesan tadi.
  7. Masukkan ayam ke dalam oven selama kurang lebih 45 menit dengan temperatur 180 derajat C.  Sesekali lumuri daging dengan olesan yang masih ada sampai kulit berubah menjadi kering Jika sudah matang, angkat dan siap untuk dihidangkan.
  8. Sajikan ayam panggang dengan saus olesannya.

Resep cara membuat ayam panggang | demikian resep yang bisa saya share untuk hari ini. Jika anda berkeinginan untuk menjalankan bisnis, ada baiknya jika anda memilih bisnis kuliner. Sudah banyak orang yang membuktikan kalau bisnis makanan, baik itu berupa restauran kecil maupun warung-warung sederhana, bisa menghasilkan keuntungan yang sangat besar melebihi gaji para pegawai-pegawai besar. Karena yang jelas, bisnis kuliner adalah salah satu aset berpenghasilan tak terbatas.