Rabu, 27 Maret 2013

Resep Cara Membuat Bakso Ikan Goreng

Resep cara membuat bakso ikan goreng memang sangat unik sekali, karena ikan yang dipakai adalah ikan gabus. Orang-orang di Indonesia sering menyebutnya dengan ikan kutuk, kabos, bogo, licingan, kocolan, kotesan, bayong, dan masih banyak lagi. Orang barat menyebutnya snake head, memang kepalanya mirip dengan seekor ular. Bahkan makanannya pun mirip ular, ikan gabus adalah hewan predator ganas yang biasa hidup di air-air tawar, sering memakan ikan-ikan lain terutama ikan yang dibudidayakan. Makanya, orang yang mau membudidayakan ikan seperti nila, udang, mujaer, atau yang lain, biasanya membersihkan kolam dari ikan gabus ini terlebih dahulu agar kolam yang dipakai tidak menjadi sarang ikan gabus. Ikan gabus adalah salah satu ikan yang jumlah dagingnya banyak, bahkan di bagiankepalanya saja terdapat daging yang cukup untuk lauk sepiring, kalau ikannya besar.
bakso ikan

Resep cara membuat bakso ikan goreng | Kalau berbicara masalah gizi, ikan gabus tidak kalah mantabnya dengan ikan lainnya meskipun ia termasuk hewan predator. Dagingnya juga sangat baik untuk balita atau lansia, mengapa demikian? soalnya, dagingnya itu mudah dicerna dikarenakan rendahnya kolagen yang terkandung dalam ikan gabus. Lalu bagaimana dengan kadar proteinnya? jangan anggap remeh ikan predator ini, anda bisa membandingkannya dengan ikan-ikan tawar lain pada tabel di bawah ini. Snake head termasuk jenis ikan yang mempunyai kadar protein paling tinggi. Inilah yang membuat ikan gabus sangat spesial.


Bahan dasar cara membuat bakso ikan goreng :
  • daging ikan gabus yang dihaluskan sebanyak 150 (seratus lima puluh) gram
  • tepung sagu sebanyak 3 (tiga) sendok makan
  • telur (kalau bisa ayam kampung) sebanyak 1 butir saja
  • air sebanyak 100 (seratus) cc
  • Garam
  • kailan/sawi hijau  sebanyak 100 (seratus) gram
  • daun bawang diiris tipis sebanyak satu batang
Langkah bikin baksonya :
  1. Daging ikan, garam, dan telur dicampur dan diaduk sampai merata.
  2. Tambahkan tepung sagu dan aduk hingga merata.
  3. Adonan dibentuk bulat-bulat.
  4. Kemudian jika sudah, gorenglah adonan yang sudah dibentuk ke dalam wajan. Anda bisa mengiris-iris baksonya.
  5. Lalu masaklah bakso yang sudah digoreng tadi dengan sayur sawi, air, dan garam.
  6. Tuangkan ke mangkuk dan sentuhan terakhir tabur daun bawang di atasnya.
Artikel Terkait :
Resep cara membuat bakso ikan goreng | anda juga bisa langsung menyantab bakso ikan setelah digoreng. Jadi tanpa dimasak dengan sayur. Langsung saja sajikan dengan sambal atau saus dan kecap. Anda pasti ngiler ni. Sekian dulu postingannya ya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Bagi kawan-kawanku semuanya. Maaf ya... kalau naruh link dalam komentar, nanti komentarnya langsung digiring ke SPAM. Pakai Open ID aja, kan sama-sama dapat backlink. Makacih

◄ Newer Post Older Post ►